RE-USE Product Design

Aurora Rintya

Lalitya Talitha melakukan usaha reuse dengan mengubah 100% limbah plastik dan stereofoam menjadi sebuah stool yang fungsional, dinamakan 'Cubicle Patchwork'.

‘Reuse is smaller footprint’. Apa maksud pernyataan tersebut? Footprint yang disebutkan bukanlah definisi jejak secara harfiah, melainkan jejak ekologis manusia dalam kehidupannya di bumi ini. Sebelum mengartikan kalimat pembuka tersebut, ada baiknya kita mengetahui kondisi bumi saat ini, berkaitan dengan jejak ekologis manusia.

Dalam kehidupan ini setiap manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya, namun selain kebutuhan primer, sifat dasar manusia mendorong dirinya untuk memenuhi kebutuhannya akan kesejahteraan sosial, kenikmatan, serta keuntungan bagi dirinya. Jika semua manusia tidak membatasi dirinya dengan kualitas hidup makhluk lainnya di bumi ini, maka akibatnya akan dirasakan oleh semua makhluk yang hidup di masa tersebut juga pada masa yang akan datang. Hal tersebut berkaitan dengan etika lingkungan , dasar etika lingkungan merupakan kebebasan manusia untuk memilih, dan tugas untuk merawat dunia ini dengan penuh tanggung jawab dan berkesinambungan. Demi mencapai keseimbangan tersebut, salah satu faktor yang cukup dominan adalah mempertimbangkan jejak ekologis guna mengukur kebutuhan bahan baku alam yang digunakan oleh setiap bangsa dan setiap orang.

Download the complete article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: