Membeli Kayu Sonokeling, Segoroyoso-Wonosari

Sonokeling merupakan salah satu kayu eksotis Jawa, di mana bagian tengah kayu berwarna hitam gelap dengan urat-urat kayu yang sangat indah. Kayu kehitaman dengan nuansa kehijauan, keunguan, kekuningan, kemerahan, tergantung lokasi dan jenis tanah di mana dia hidup. Wonosari merupakan daerah yg sesuai, ini terlihat dari luas penampang ‘galeh’ kayu yang hampir penuh menutup seluruh penampang melintang batang. Kayu sonokeling ini semakin langka, karena cukup banyak juga industri yang menggunakan bahan yang sama dengan volume yang tinggi, bahkan ada yang diproses hanya dalam bentuk papan dan kemudian diekspor. Kayu ini memiliki kecepatan tumbuh yang lambat, konsumsi nampaknya melebihi kecepatan tanaman ini beregenerasi. Magno dalam 1 tahun hanya membeli maksimum 4 truk atau setara dengan 4x4m3 log (16 btg pohon), mampu menghidupi 35-40 perajin dalam setahun dan terus melakukan penanaman kembali. Saat ini saya telah memiliki 300 batang sonokeling yang saya tanam di lahan sendiri dan ratusan yang ditanam petani di lahan masing-masing secara tersebar.

Singgih S. Kartono, 25 Januari 2013

tanah lereng dipinggir kali kuas ini saya beli murah karena katanya 'wingit' ... setelah dibersihkan dan digarap kembali ternyata menjadi tidak menyeramkan

tanah lereng dipinggir kali kuas ini saya beli murah karena katanya ‘wingit’ … setelah dibersihkan dan digarap kembali ternyata menjadi tidak menyeramkan

setiap membeli pohon ke penebang, saya selalu mengedukasi ke mereka ttg pentingnya melakukan penanaman kembali. dan menyampaikan bahwa saya telah melakukan penanaman kembali. "mas, kalau anda menanam kembali pohon yg anda tebang, rejeki akan terus mengalir"... bhs sederhana semacam ini sering mengena mereka. atau saya juga sering mengajak mereka untuk menjadi pedagang kayu yg berbeda, berbeda karena melakukan upaya penanaman kembali. saya sampaikan ke mereka, menanam kembali tidak membutuhkan biaya besar, hanya perlu niat dan ketekunan menjalankannya.

setiap membeli pohon ke penebang, saya selalu mengedukasi ke mereka ttg pentingnya melakukan penanaman kembali. dan menyampaikan bahwa saya telah melakukan penanaman kembali. “mas, kalau anda menanam kembali pohon yg anda tebang, rejeki akan terus mengalir”… bhs sederhana semacam ini sering mengena mereka. atau saya juga sering mengajak mereka untuk menjadi pedagang kayu yg berbeda, berbeda karena melakukan upaya penanaman kembali. saya sampaikan ke mereka, menanam kembali tidak membutuhkan biaya besar, hanya perlu niat dan ketekunan menjalankannya.

menanam sonokeling, menanam untuk anak cucu kita.. karena kita juga telah dihadiahi oleh kakek buyut kita

menanam sonokeling, menanam untuk anak cucu kita.. karena kita juga telah dihadiahi oleh kakek buyut kita

baru kali ini saya harus melihat sendiri pohon sonokeling yg akan ditebang, ada perasaan sedih dan tidak tega melakukannya... karena pohon ini telah tumbuh puluhan tahun, bisa jadi lebih tua dari umurku sendiri... namun saya bisa merasa sedikit tenang, karena telah lama melakukan penanaman kembali tanaman ini. pohon ini terendam bagian bawah karena baru saja hujan deras sehari sebelumnya. saya sempat khawatir kualitas 'galih'nya kurang bagus, tapi ternyata cukup baik.

baru kali ini saya harus melihat sendiri pohon sonokeling yg akan ditebang, ada perasaan sedih dan tidak tega melakukannya… karena pohon ini telah tumbuh puluhan tahun, bisa jadi lebih tua dari umurku sendiri… namun saya bisa merasa sedikit tenang, karena telah lama melakukan penanaman kembali tanaman ini.
pohon ini terendam bagian bawah karena baru saja hujan deras sehari sebelumnya. saya sempat khawatir kualitas ‘galih’nya kurang bagus, tapi ternyata cukup baik.

keindahannya merupakan rekaman perjalan hidupnya...

keindahannya merupakan rekaman perjalan hidupnya…

harga kayu sonokeling log sekarang ini sekitar Rp. 6 juta/m3, kayu ini semakin langka dan akan semakin mahal. proses penanamannya sebenarnya sederhana, hanya dengan stek akar. namun membutuhkan kesabaran yg luar biasa menanti dia dewasa, bahkan kerelaan ketika kita nanti tidak memanennya. menanam sonokeling adalah menghadiahi generasi penerus kita karena kita telah menerima hadiah tersebut saat ini.

harga kayu sonokeling log sekarang ini sekitar Rp. 6 juta/m3, kayu ini semakin langka dan akan semakin mahal. proses penanamannya sebenarnya sederhana, hanya dengan stek akar. namun membutuhkan kesabaran yg luar biasa menanti dia dewasa, bahkan kerelaan ketika kita nanti tidak memanennya. menanam sonokeling adalah menghadiahi generasi penerus kita karena kita telah menerima hadiah tersebut saat ini.

jumlah lingkaran tahun 23 = umurnya 23 tahun

jumlah lingkaran tahun 23 = umurnya 23 tahun

4 Responses to Membeli Kayu Sonokeling, Segoroyoso-Wonosari

  1. anton sutanto says:

    pak saya minta harganya atau saya minta nomor telpon pa kirim ke email saya

  2. ical says:

    Mohon info nomor telephone yg bisa di hub. Sy butuh papan sonokeling nya kl ada.
    Tks. Ical

  3. burhanuddin ridho says:

    salam rimba….
    suatu prinsip yang patut diteladani,jarang sekali pengusaha perkayuan berlogika seperti anda,saya sangat berharap dapat mengenal anda lebih dekat,kalau boleh tolong berbagi contact person mas….maturnuwun

  4. fibrian nugraha says:

    saya sangat setuju dengan bapak.. jarang orang sekarang mempunyai kesadaran spt itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: